BThemes

PERPUSTAKAAN MUSIK

Senin, Desember 27, 2010






facebook? belum punya facebook ya? ah enggak gaul kamu… terkadang kata kata ini terucap dari seseorang yang udah punya account facebook yang lagi nyindir temannya yang belum bikin atau buat acount di facebook. tahun ini memang banyak orang sedang demam facebook, facebook yang dulunya tidak begitu populer di Indonesia saat ini begitu banyak diminati, sampai sampai situs pertemanan ini mengalahkan salah satu rivalnya, yaitu friendster, tentunya ini terlihat dari jumlah penguna dan pengunjung friendster yang semakin lama semakin turun, kalau kamu tidak percaya liat aja grafiknya di alexa.com.

oke basa basinya sudah cukup, bagi kamu yang masih kebingungan cara membuat facebook, di bawah ini saya tulis panduan cara membuat atau mendaftar facebook, yang insyaAllah panduan membuat facebook di sini lebih mudah dipahami, karena saya sisipkan banyak sekali screen shotnya, tapi nanti kalau masih kurang jelas, silahkan tanya di kolom komentar, semoga saja saya bisa menjawabnya

1. yang pertama kamu lakukan adalah dengan mengunjungi alamat : www।facebook।com atau http://facebook.com, dan pastikan halaman yang muncul adalah seperti gambar di bawah ini.

gambar di atas halaman facebook sudah dalam bahasa indonesia, jika facebook yang kamu buka masih dalam bahasa inggris, rubahlah dulu dalam bahasa indonesia. caranya perhatikan pada bagian kiri bawah halaman. disitu terdapat tulisan Bahasa Indonesia. Klik bahasa indonesia, maka sesaat kemudian halaman akan berubah menjadi bahasa indonesia seperti contoh gambar di atas.

2. jika sudah muncul halaman seperti gambar pada nomor satu di atas, isilah kolom pendaftaran yang sudah tersedia, masukkan nama lengkap kamu, alamat email kamu (jika belum punya alamat email silahkan membaca panduan tentang cara membuat email, klik di sini untuk email di GMAIL, dan jika mengalami kesulitan dalam membuat email di GMAIL klik di sini untuk membuat email di YAHOO), masukkan password (kata kunci yang akan kamu gunakan nanti untuk masuk ke accoun facebook (demi keamanan buatlah pasword yang unik tapi tidak mudah ditebak oleh orang lain), untuk memiliih jenis kelamin, bulan tanggal tahun lahir, kamu klik saja tanda segitiga kecil di sebelah kanan kolom, nanti akan muncul pilihannya. jika sudah diisi semu klik tombol SIgn Up yang berwarna hijau. (pastikan data diisi dengan benar, teliti lagi sebelum klik sign up)
3. setelah kamu meng klik Sign Up kamu akan dibawa ke halaman selanjutnya, kamu diminta untuk memasukkan huruf yang tampil diatasnya.
4. seperti pada contoh gambar di bawah ini. masukkan sesuai dengan contohnya, huruf besar atau huruf kecil harus sama, masukkan pada kolom Text in the box.jika kamu mengalami kesulitan membaca kode kata yang tampil itu, kamu bisa menggantinya dengan kode yang lain. dengan cara klik coba kata lain atau Try different words . jika sudah diisi klik Mendaftar atau Sign Up. oh iya, terkadang kalau di pisah dengan spasi kode dianggap salah, kamu bisa coba menulis tanpa spasi, atau dua kata tersebut ditulis नेम्पेल

5. setelah kamu klik mendaftar atau sign up pada jendela selanjutnya sepertti gambar di bawah ini. jika kamu menemui gambar seperti di bawah ini, kamu telah berhasil mendaftar di facebook. agar proses pendaftaran di facebook lebih mudah, lewati saja langkah satu ini, dengan cara klik pada tombo [lewati langkah ini]

6. pada langkah kedua, akan muncul halaman informasi profil sederhana. seperti gambar di bawah ini. masukkanlah nama sekolahmu, universitasmu, dan tempat kerjamu. gambar di bawah ini juga sudah saya isi contoh pengisiannya. tapi jika kamu tidak ingin mengisi juga tidak apa apa. jika sudah diisi klik pada tombol [simpan dan lanjutkan], tapi jika tidak ingin diisi klik tombol [Lewati]
7. pada langkah ketiga, terdapat halaman untuk uplod foto. silahkan uplod dengan cara klik Unggah foto. tapi pada artikel ini panduan cara upload foto tidak dijelaskan secara detail. untuk membaca lebih detail mengenai cara upload foto kamu bisa baca pada artikel cara upload foto silahkan baca paduan cara upload foto facebook.com klik di sini. jadi pada langkah ketiga ini kamu langsung klik tombol simpan dan lanjutukan

cara membuat facebook

8. setelah melewati ketiga langkah tadi, kamu akan diminta untuk melakukan konfirmasi akun di email kamu. maka kamu harus mengecek kotak masuk email yang kamu gunakan untuk mendaftar tadi.
cara membuat facebook

9. Silahkan cek kotak masuk email kamu, pada kotak masuk email kamu akan mendapatkan dua buah email dari facebook. yang pertama berupa sambutan, dan yang kedua berisi email konfirmasi. buka email konfirmasi.
cara membuat facebook

10. Isi email konfirmasi dari facebook seperti gambar di bawah ini. Klik pada link konfirmasi facebook. sesaat setelah kamu klik link tersebut, kamu akan di bawa pada halaman facebook yang telah aktif.
cara membuat facebook

11. kamu akan menjumpai halaman seperti gambar di bawah ini
cara membuat facebook

12. facebook kamu sekarang sudah aktif dan bisa digunakan, tapi karena baru membuat facebook, tentunya kamu belum punya teman. sekarang saatnya mencari teman di facebook. untuk mencari teman di facebook cukup mudah. kamu tinggal mengetikkan nama teman kamu pada kotak pencarian. facebook ini sangat terkenal, bisa dibilang hampir kebanyakan anak muda punya facebook, jadi kamu tidak sulit untuk mendapatkan teman di facebook. jika bingung sapa nama teman yang kamu masukkan, kamu ingat saja nama teman SMA, teman SMP, atau bahkan teman SD, siapa tahu ketemu. sebagai contoh di bawah ini saya masukan nama seorang teman bernama VICKY RIDWANA. setelah kamu masukkan nama, tekan tombol kacara pembesar di samping kanan kolom, atau tekan tombol Enter pada Keyboard kamu

cara membuat faceboook

13. sesaat kemudian akan muncul pemilik akun facebook yang namanya kamu ketikan tadi di atas. klik tambahkan sebagai teman, untuk menjadikan ia sebagai teman kamu di facebook.
cara membuat facebook

14. sesaat kemudian akan muncul jendela “tambahkan teman” , klik pada tombol [kirim permintaan]
cara membuat facebook

15. karena akun facebook kamu masih baru, untuk menambahkan seorang teman memang agak repot, kamu diminta memasukkan kode capta lagi. masukkan saja kode yang tersedia, kode yang terdiri dari dua kata ini dipisahkan dengan spasi. jika sudah diisi klik pada kirim permintaan. tenang saja, jika akun kamu sudah agak lama, kamu mungkin tidak menjumpai lagi kode kode smacam ini.

cara membuat facebook

jika sudah kamu kirim permintaan akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini yang menandakan permintaan pertemanan telah terkirim. tinggal menunggu kamu disetujui sebagai temannya.

17. untuk mengupdate status kamu, coba klik pada HOME atau BERANDA, sesaat kemudian akan muncul kolom tempat untuk update status kamu. seperti gambar di bawah ini. silahkan tulis update status kamu, kemudian klik bagikan.
cara membuat faceboook

18. Jika muncul jendela seperti ini klik tombol lanjutkan
cara membuat facebook

19. sesaat kemudian update status kamu akan muncul, seperti gambar di bawah ini. untuk melihat berita update paling baru dari teman yang baru saja kamu add atau kamu jadikan sebagai teman, klik pada tombol paling baru tempatnya pada bagian atas kolom update.
cara membuat facebook

20. setelah kamu klik tombol paling baru, kamu bisa melihat update status terbaru dari teman teman kamu, seperti gambar di bawah ini
cara membuat facebook

21. kamu pun bisa mengomentari update status teman kamu, dengan cara klik pada komentar. tapi jika kamu belum disetujui sebagai teman maka tidak akan muncul kolom komentar. pada gambar di bawah ini kolom komentar yang muncul baru statusmu sendiri.
cara membuat facebook

21. pada saat seseorang melakukan permintaan pertemanaan pada pemilik account facebook, maka si pemilik accoun facebook yang dimintai itu akan mendapatkan email dari facebook.. isinya tentang konfirmasi permintaan pertemanan. jika si pemilik account mengizinkan untuk menjadi teman dalam facebook, maka dia akan melakukan klik pada link konfirmasi, tapi jika tidak ya diabaikan saja.

pada gambar di bawah ini adalah contoh email konfirmasi dari facebook tentang ajakan pertemanan dari Martono,

cara membuat facebook

22. dan jika kamu disetujui menjadi teman dalam facebook, kamu juga mendapatkan email konfirmasi, seperti gambar di bawah ini.

cara membuat facebook

23. jika kamu sudah punya teman dalam facebook kamu, kamu akan bisa melihat status teman kamu, mengomentari status teman kamu, dan lain lain. sebelum mengomentari status temen kamu, alangkah baiknya membuat status kamu dulu. untuk membuat status.. Klik pada Menu Beranda di Pojok kanan atas. nanti halaman facebook kamu akan seperti gambar di bawa ini. pada kolom Apakah yang anda pikirkan itu adalah tempat kamu menulis status.. kalau sudah di tulis klik tombol bagikan. Untuk berkomentar pada status teman sudah tampak jelas disitu, saya rasa tidak perlu menjelaskan lagi.

jika kamu menggunakan akses internet umum, misalnya di warnet.. saat kamu telah selesai menggunakan facebook.. jangan langsung di exit browsernya, tapi klik dulu Log out atau keluar, untuk menjaga keamanan account facebook kamu.. karena kalau tidak kamu klik keluar atau log out… biasanya komputer yang kamu tinggal itu keadan account facebook kamu masih aktif.. sangat tidak baik kalau ada orang lain yang menggunakan facebook kamu.

untuk keluar dari facebook atau logout adalah…. dengan cara Klik pada tombol Akunku kemudian klik Keluar yang berada pada pojok kanan atas, seperti pada gambar di bawah ini
cara membuat facebook

sedangkan nanti jika kamu ingin mengakses lagi Facebook milik kamu , caranya buka alamat www.facebook.com lalu tinggal memasukkan alamat email dan password yang kamu buat tadi
ya… sampai di sinilah panduan cara membuat facebooknya… untuk langkah selanjutnya silahkan coba coba sendiri.. untuk upload foto, silahkan baca paduan cara upload foto facebook.com klik di sini


Pemain timnas Malaysia, Safiq Bin Rahim, mengangkat kedua tangannya ke arah penonton di samping pemain timnas Indonesia, Arif Suyono, yang berjalan lemah usai pertandingan dalam laga pertama babak final Piala Suzuki AFF 2010 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (26/12/2010)। Indonesia kalah 0-3।

इंडोनेसिया-मलेसिया. sinar laser bukanlah penyebab kekalahan Indonesia dari Malaysia pada leg pertama final Piala AFF. Tim "Merah Putih" kalah karena kesalahan individu seorang pemain.

Demikian ditegaskan pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, seusai pertandingan yang berakhir dengan skor telak tiga gol tanpa balas di Stadion Bukit Jalil, Minggu (26/12/2010).

Tuan rumah Malaysia membuka kemenangan melalui gol yang dicetak oleh Mohd Safee pada menit ke-61. Gol kedua dilesakkan oleh Mohd Ashari bin Samsudin pada menit ke-68, dan gol ketiga kembali dibuat oleh Safee pada menit ke-73.

Sebelum terjadinya gol pertama, pertandingan sempat dihentikan menyusul protes dari kiper Indonesia, Markus Horison. Menurut Riedl, Markus dan sejumlah pemain terganggu oleh sinar laser yang menyorot wajah mereka.

"Setelah permainan dihentikan dan dimulai lagi, kami juga bermain bagus. Namun, setelah gol pertama, keadaan berbalik melawan kami. Malaysia semakin percaya diri dan pertahanan kami kacau," ujarnya.

"Ini bukan soal laser, melainkan kesalahan individual dari satu pemain. Saya tidak tahu apa yang terjadi dengan pemain setelah gol pertama, tetapi itu titik baliknya. Saya akan mendiskusikan itu dengan pemain besok," tambahnya.







jika ia sebuah cinta…..ia tidak mendengar…namun senantiasa bergetar….

jika ia sebuah cinta…..ia tidak buta..namun senantiasa melihat dan merasa..

jika ia sebuah cinta…..ia tidak menyiksa..namun senantiasa menguji..

jika ia sebuah cinta…..ia tidak memaksa..namun senantiasa berusaha..

jika ia sebuah cinta…..ia tidak cantik..namun senantiasa menarik..

jika ia sebuah cinta…..ia tidak datang dengan kata-kata..namun senantiasa menghampiri dengan hati..

jika ia sebuah cinta…..ia tidak terucap dengan kata..namun senantiasa hadir dengan sinar mata..

jika ia sebuah cinta…..ia tidak hanya berjanji..namun senantiasa mencoba
memenangi..

jika ia sebuah cinta…..ia mungkin tidak suci..namun senantiasa tulus..

jika ia sebuah cinta…..ia tidak hadir karena permintaan..namun hadir karena ketentuan…

jika ia sebuah cinta…..ia tidak hadir dengan kekayaan dan kebendaan…
namun hadir karena pengorbanan dan kesetiaan…

Perlakukan setiap cinta seakan cinta terakhirmu, baru kamu akan belajar cara memberi.

Perlakukan setiap hari seakan hari terakhirmu, baru kamu akan belajar cara menghargai.

Jangan pernah menyerah, ingatlah bahwa kasih yang paling indah dan sukses yang terbesar, mengandung banyak resiko. Yakinlah pada dirimu ketika kamu berkata : Aku menyayangimu

Senin, Desember 06, 2010

Jenis
Global Digital Divide1.png

Sekalipun demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat mereka yang paling penting yang membedakan mereka dari alat menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun (meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita ciptakan di masa depan (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yang berguna karena mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa yang lebih awal. Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal. Mesin yang mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama mereka muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail periode ini.
Komputer benam

Pada sekitar 20 tahun , banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video, PDA dan banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, dan alat elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik yang seperti komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Komputer maksud khusus lainnya secara umum dikenal sebagai "mikrokontroler" atau "komputer benam" (embedded computer). Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa diubah untuk berbagai maksud oleh pemakai tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama, minikomputer, dan komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yang mendapat definisi ini.
Komputer pribadi
!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Komputer pribadi

Komputer pribadi atau personal computer (PC) adalah istilah untuk komputer yang dikenal dan diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer lainnya. Hanya orang-orang tertentu saaja yang memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih spesifik dan tepat.
Memori
modul memori RAM

Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.

Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.

Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.

Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.
Pemrosesan

Unit Pengolah Pusat atau CPU berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Berkas:CPU with pins.jpg
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukkan kaki-kakinya.

Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).

Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata.

Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).
Input dan hasil

I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.

Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi

Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345".

Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur

Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.

Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.

Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.
Program

Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, "programmer." "Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu CPU di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan
Sistem operasi

Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer, setelah bertahun-tahun, programer akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.

Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
Penggunaan komputer
Anak-anak sedang belajar penggunaan komputer bersama sang guru.

Komputer digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. Komputer di masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan Hidroelektrik besar. Selain itu juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.

Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan banyak koleksi data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia - misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisa mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server.

Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang matematika dengan spreadsheet, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.

Sekaligus, komputer kecil, biasanya dengan mengatur memprogram, mulai menemukan cara mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan perlengkapan industri. Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan anti-kunci rem di mobil). Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik, kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan bahwa ini cenderung kepada akan terus.

pabila cinta memanggilmu.....
ikutilah dia, walau jalannya berliku-liku........
dan, pabila sayapnya merangkulmu.....
pasrahlah serta menyerah, walau pedang tersembunyi disela sayap itu melukaimu......

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting